Membaca partisi Ext2 dan Ext3 Linux di Windows

Bagi anda pengguna Linux pasti sudah kenal dengan format filesystem di Linux Ext2 dan Ext3. Yup kedua format tsb digunakan secara luas oleh para pengguna Linux dalam memformat hardisk mereka. Sama seperti NTFS dan FAT/FAT32 yang ada di windows maka Linux memang memiliki beragam format filesystem. Sebut saja ada Ext2/Ext3 dan Ext4 juga ada beberapa filesystem lain yang disupport seperti XFS,BTRFS,SWAP dll.

Linux merupakan sistem operasi yang unik, mengapa unik karena Linux mampu untuk membaca beragam format filesystem secar default. Linux mampu mengenali, membaca dan bahkan menulis beragam format filesystem termasuk mampu membaca dan menulis di format Windows seperti FAT dan NTFS secara default namun tidak sebaliknya untuk Windows. Sistem operasi besutan Microsoft ini cenderung lebih tertutup dimana secara default Windows tak mampu membaca format filesystem Linux. Namun anda tak perlu bersedih hati karena anda bisa menggunakan program pihak ketiga dimana dengannya anda bisa membaca format Linux tsb.

Yup, program tsb adalah proyek opensource bernama Ext2fsd yang bisa anda unduh disini : DOWNLOAD

Untuk caranya silahkan ikuti panduan berikut:

  1. Download program/aplikasi lalu install

Ext2fsd

 

Pada Opsi ini anda diminta memasukan pilihan. Ceklist keduanya jika anda ingin support menulis (jika tidak diceklist maka hanya support membaca saja namun anda tidak bisa paste file/menulis file didalamnya) Lalu selesaikan instalasi.

2.  Jalankan program/aplikasi yang sudah di install. Dan sorot partisi Linux yang ingin dimount

 Setelah disorot Klik Tools > Mountpoint Management

Pilih ingin dimount ke mana, katakanlah F:

Maka pilih F: lalu oke

Sekarang buka My Computer anda, lalu anda akan melihat hardsik/partisi baru. Karena diatas kita menjadikannya F: maka seharusnya ada di drive F:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>