Vendor Ponsel China Mulai Menggeliat

Setelah Apple dan Samsung siapakah menurut anda perusahaan yang paling banyak menjual ponsel (smartphone) diseluruh dunia? Jika anda berpikir perusahaan asal China maka anda mungkin benar adanya.

Anda mungkin pernah mendengar beberapa perusahaan berikut: Huawei, Xiaomi, Coolpad, Lenovo, ZTE, dan Alcatel yang saat ini dimiliki TCL corp kesemuanya merupakan perusaan berbasis/berasal dari china. Yup perusahaan tsb merupakan vendor ponsel yang merajai dunia. Berbekal menjual ponsel berkualitas rendah hingga tinggi dan premium namun dengan harga yang relatif murah atau kompetitif tidak tertutup kemungkinan memang untuk mereka merajai pasar ponsel dunia. Umumnya vendor-vendor tsb menjual ponsel berbasis Android yang unlock dengan harga yang relatif murah dibanding Samsung dan Apple maka tidak heran persaingan semakin ketat.

Secara global dikuartal 3 tahun 2014 vendor terbesar ketiga dipegang oleh Huawei bersaing ketat dengan vendor asal korea diposisi ke 4 yaitu LG

Global Revenue share 2014

Dipasar retail Xiaomi yang merupakan pendatang baru berada diposisi 3 dengan menyalip Lenovo yang juga sesama perusaan asal China. Laporan ini dikeluarkan oleh firma IDC dimana menurut research, Xiaomi menyalip Lenovo di penjualan negaranya sendiri dengan peningkatan penjualan sebesar 211% dengan menyentuh 17.3 juta penjualan.

Perlu kamu ketahui bahwa 10 dari 17 vendor ponsel papan atas di dunia merupakan perusahaan asal China dan dalam 10 vendor ponsel China tsb Xiaomi menempati posisi 3 dalam proses produksi dan Huawei diposisi ke 5. Dalam 17 vendor ponsel dunia tsb juga terdapat pemain yang cukup dikenal seperti ZTE, TCL Alcatel, Lenovo,, Coolpad, Oppo, Vivo, Micromax and Gionee.

Menurut John Byrne, seorang analis di Infonetics mengatakan bahwa anehnya masyarakat amerika bahkan tidak tahu banyak mengenai vendor China tsb. Bahkan disana cukup kesulitan dalam menyebut kata Xiaomi. Xiaomi diambil dari kata Xiao yang berarti kecil/cili dan Mi yang berarti beras. Banyak juga beranggapan kata Xiao diambil dari kepercayaan Budhisme dimana berarti setinggi gunung. Tapi apapun itu sepertinya dunia ponsel memang dikuasai banyak vendor China.

Sumber: computerworld

One Response to Vendor Ponsel China Mulai Menggeliat

  1. Pia says:

    China emang keren, saat smartphone dual sim belum ngetrend aja dia udah pake sistem quad sims! hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>