Panduan Arahkan Google Apps ke Domain

Google Apps

Salah satu layanan yang populer dari search engine nomor 1 dunia Google adalah Google Apps. Google apps menawarkan aplikasi berbasis web yang dapat kita manfaat untuk produktifitas sehari-hari seperti email,calendar dll. Untuk langkahnya berikut ini:

Persyaratan

  • sudah mendaftar akun Google apps (klik Disini jika belum)
  • memiliki domain dan kontrol panel DNSnya.
  • Layanan Google Apps merupakan layanan Google, karena itu direkomendasikan jika terjadi error dll silahkan kontak support dari Google tsb.

Peringatan: Untuk Layanan Google Apps tidak lah free/gratis. Anda akan dikenakan biaya terkait layanan tsb. Anda bisa cek di alamat berikut: Disini

Langkah-langkah

1. Daftar dialamat Disini  dan isi form dan klik next jika sudah: 

Google Apps

2. Selanjutnya anda akan ditanyakan terkait domain. Dengan asumsi anda sudah memiliki domain di kami maka anda pilih “Use a Domain name I have already purchased” lalu masukan nama domain anda dikotak nama domain.

Google Apps

3. Langkah selanjutnya isi alamat email (Email ini digunakan nanti untuk login sebagai admin)dan passwordnya. Isikan data sesuai kehendak anda. Lalu klik Next jika selesai.

4. Ikuti langkah selanjutnya termasuk memasukan alamat email/akun gmail anda jika dibutuhkan.

Google Apps

5. JIka anda diminta untuk memasukan nomor handphone maka masukkan nomornya dan untuk verifikasi untuk mudahnya pilih yang via SMS.

Google Apps

6. Anda akan menerima kode verifikasi di ponsel, masukan kode tsb dikotak kode verifikasi google.

Google Apps

7. Jika proses verifikasi sudah dilakukan silahkan akses : https://admin.google.com/ maka seharusnya akan muncul tampilan berikut ini:

Google Apps

8. Klik tombol Start Setup dibagian atas lalu klik tombol Verify domain

Google Apps

9. Akan muncul jendela untuk memverifikasi domain. Pilih metode yang anda kehendaki. Untuk mudahnya pilih saja metode “Upload a HTML file to namadomainanda”

Google Apps

Lalu download file HTMLnya lalu taruh di www(public_html) domain hosting anda

Google Apps

10. Lalu ceklik i have downloaded html file dan ceklist dibagian bawahnya juga yaitu i have uploaded to my website

Google Apps

11. Lalu klik verifiy

12. Maka akan ada proses verifikasi berhasil.

Google Apps

 

Maka langkah selanjutnya anda akan diminta membuat akun-akun email yang anda inginkan. Buatlah nama-nama user (email) yang anda mau. Atau Next untuk lanjut dan lalu klik setup Gmail

Google Apps

Maka Google akan langsung mengenali Registrar hosting anda. Maka langkah selanjutnya anda diminta mensetting MX record. Ikuti instruksi yang ada. Maka setelah ini maka proses setup dirasa sudah selesai.

Google Apps

13. Ceklis semua point hingga anda akan menerima MX yang harus dimasukan ke dalam kontrol panel Spanel/Cpanel anda. Seperti ini:

Google Apps

Google Apps

14. Masukkan MX tersebut pada pada kontrol panel anda. Simpan maka tunggu proses Resolve DNS 1×24 Jam. Maka anda akan bisa kirim dan terima email di google apps dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>