Akan di Berhentikan Aplikasi Desktop Google Drive?

Informasi yang telah di rangkum dari The Verge, Jumat (08/09/2017) menyebutkan bahwa layanan cloud storage Google Drive akan segera di pensiunkan mulai bulan Maret tahun 2018 mendatang. Layanan Cloud Storage ini sebelumnya bisa di akses lewat komputer desktop melalui aplikasi Google Drive, nantinya akan di ganti dengan aplikasi baru bernama Backup dan Sync. Aplikasi ini juga nantinya akan menggantikan Google Photos Uploader yang fungsi dan cara kerjanya hampir sama dengan Google Drive.

Aplikasi desktop Google Drive ini, baik di PC ataupun Mac, akan di hentikan pada tanggal 11 Desember. pengguna akan mendapatkan notifikasi pemberitahuan tentang pemberhentian ini pada bulan Oktobernya.

Namun meskipun demikian, layanan cloud storage Google ini masih akan tetap ada dan tak mengalami perubahan sehingga tetap bisa di akses seperti biasanya baik dari web, smartphone atau Backup and Sync.

Untuk kalangan umum, bisa menggunakan aplikasi Backup and Sync sedangkan untuk kalangan bisnis, Google menawarkan aplikasi Drive File Stream yang fungsinya sama dengan Backup and Sync namun ada beberapa perbedaan yang cukup penting.

Perbedaan itu terletak pada fiturnya, misalkan pada Drive File Stream, bisa melakukan streaming file dari cloud tanpa harus menyimpan file secara lokal di komputer, sedangkan Backup and Sync harus menempatkan copy file secara lokal baru di backup ke layanan cloud Google Drive. Selain itu, Drive File Stream bisa di tampilkan sebagai mounted drive di komputer, sementara Backup and Sync menampilkan My Drive sebagai shortcut saja.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai perbedaan keduanya bisa #MWNers lihat pada tautan berikut:

https://support.google.com/a/answer/7491633?hl=en&ref_topic=7455083

Sumber

Masterweb.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>