Mengenal Sosok Marshall Mcluhan Yang Menjadi Google Doodle Hari Ini

Halaman Google hari ini, Jumat (21/7/2017) muncul kotak animasi warna-warni dengan wajah pria bernama Marshall McLuhan. Marshall McLuhan adalah seorang filsuf atau cendikiawan yang terkenal karena memprediksi kelahiran internet, jauh sebelum internet itu ada.

Google Doodle yang muncul hari ini merupakan sebuah persembahan untuk merayakan ulang tahun Marshall Mcluhan. Google Doodle yang ditampilkan melambangkan prediksi Marshall Mcluhan mengenai kelahiran internet dalam teori global village.

Teori global village tersebut Marhsall McLuhan membagi sejarah manusia menjadi empat era. Yaitu era akustik, literatur, produksi massal, serta elektronik. Teori tersebut dijelaskannya dalam buku berjudul The Gutenberg Galaxy yang terbit pada tahun 1962, bersamaan dengan menanjaknya popularitas televisi.

Dalam teori itu, Marshall McLuhan memprediksi bahwa dunia akan masuk ke dalam era ke-empat, yakni era elektronik. Era yang dimaksud memiliki ciri khas berupa adanya komunitas atau sekumpulan orang yang berkumpul karena dihubungkan oleh teknologi. Marshall McLuhan menyebutnya sebagai global village. Menurutnya, ketika era ini tiba, maka orang-orang bisa mengakses informasi yang sama dengan memanfaatkan teknologi.

Dia kembali menulis buku berjudul Understanding Media. Buku ini merupakan kelanjutan dari The Gutenberg Galaxy, dan menjelaskan bahwa di era elektronik atau internet, metode komunikasi akan jadi sesuatu yang lebih berpengaruh ketimbang informasi itu sendiri.

Pasca buku kedua ini, Marshall McLuhan menjadi sosok yang terkenal. Dia rutin tampil di siaran televisi untuk menjelaskan teorinya bahwa medium (wadah pesan) adalah pesan itu sendiri. Teori yang diungkap Marshall McLuhan ini menjadi kontroversi di kalangan akademik sepanjang 1970. Bahkan setelah dia meninggal pada 1980, kontroversi ini masih berlanjut.

Marhsall McLuhan baru jadi sosok yang dielu-elukan ketika internet yang diprediksinya benar-benar lahir di tahun 1989. Teori Marshall McLuhan kemudian memberi pengaruh pada pemikiran tokoh-tokoh besar, seperti filsuf Jean Baudrillard, ayah Perdana Menteri Kanada Pierre Elliot Trudeau, serta seniman Andy Warhol.

Sumber

Masterweb.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>