Suka Pakai WiFi Gratis? Hati-Hati, Ada Bahaya yang Mengintai

Zaman sekarang komputer dan internet berkembang sangat pesat. Pembangunan infrastruktur internet untuk wilayah-wilayah pelosok Indonesia pun dikejar menjadi target pembangunan internet selanjutnya. Seperti tanaman yang tumbuh dari waktu ke waktu, rasanya internet di Indonesia semakin berkembang.

Namun masih sangat disayangkan jaringan internet broadbant yang seharusnya dapat memenuhi ekspektasi pengguna, masih cenderung kurang dari ekspektasi. Hal tersebut yang menyebabkan pengguna di Indonesia masih menyukai berburu hotspot gratis dengan maksud supaya jaringan yang didapatkan lebih cepat dan stabil selain gratis.

Sebagian besar pengguna masih memanfaatkan keberadaan internet gratis, hal tersebut dikarenakan para pengguna masih tidak mengetahui seberapa bahayanya bila memakai internet gratis jika tidak hati-hati. Bahaya WiFi gratis yang tersembunyi ini sepatutnya Anda ketahui sebelum menyesal di akhir. Berikut informasi yang perlu kamu ketahui :

1. Melihat konten yang tak pantas

Selain melanggar norma dan etika, megakses konten berbau dewasa memang sepatutnya Anda hindari terlebih di area umum dengan menggunakan nwifi gratis ini. Apalagi jika dilakukan di tempat umum dapat mengubah cara pandang orang terhadap Anda.

2. Deep Web atau Dark Web

Situs Deep Web adalah situs berbahaya yang memiliki banyak virus di dalamnya. Tak hanya memata-matai halaman apa saja yang dikunjungi melainkan juga penggunanya. Di berbagai kasus, situs ini dapat membajak webcam, kamera depan, atau bisa juga membajak microphone Anda.

3. Mengakses sistem informasi online perusahaan

Sangat berbahaya bila Anda mengakses sistem informasi yang sengaja dibangun untuk menyimpan data-data sensitive. Misalnya saja data-data karyawan atau yang lainnya. Hal ini harus dihindari supaya tidak terjadi pembobolan akun dan mengakses data yang ada di dalamnya.

4. Internet banking

Akan menjadi sisa-sia jika tak berhati-hati saat bertransaksi online melalui Wi-fi gratisan meskipun internet banking telah menyempurnakan keamanannya. Sebab Wi-fi gratisan tidak dibangun dengan keamanan yang cukup tinggi, maka dari itu sebaiknya Anda tidak bertransaksi online dengan internet banking saat memakai Wi-fi gratis.

5. Mengakses informasi yang sensitif

Aktivitas browsing yang terdengar biasa saja akan menjadi sesuatu yang harus dihindarkan saat ber-Wi-fi-an gratis bila melakukan browsing untuk mencari informasi sensitif. Misalkan saja mencari informasi tentang suatu kebenaran seperti peristiwa yang ditutup-tutupi, rahasia Negara atau perusahaan. Sebab lalu lintas data Wi-fi gratisan sangat mudah dibajak.

Sumber

masterweb.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>