Sasaran Baru Para Peretas, Internet of Things!

Ada temuan baru yang ditemukan oleh Avast yang bergerak pada bidang keamanan digital terhadap perangkat pintar. Yang dimana hasil temuan itu adalah rentannya webcam rumah dan public terhadap serangan cyber.

CEO Avast, Vince Steckler mengatakan “”Dengan memiliki database kelemahan perangkat yang umum, tak perlu usaha yang besar dan pengetahuan yang banyak bagi penjahat cyber untuk menemukan perangkat yang lemah terhadap serangan cyber. Bahkan dengan perlindungan password-pun, para peretas kerap berhasil menyusup dengan mencoba username dan password yang umum digunakan.”

Avast menyoroti sebuah masalah yang saat ini terus berkembang yang dikhawatirkan apabila tidak diatasi maka akan semakin parah dengan terus bertambahnya perangkat yang terkoneksi ke internet.

Steckler mengatakan ,”Ketika webcam diatur agar bisa livestream, para peretas atau pihak lain dapat mengoneksikan diri, sehingga mudah bagi mereka untuk memata-matai siapapun. Tindakan ini sudah merupakan pelanggaran privasi yang serius, namun kemungkinan yang lebih besar adalah pencuri cyber meretas webcam atau TV pintar untuk membuat bot untuk sebuah jaringan bot yang telah ada dan melalukan serangan terkoordinasi pada server untuk menyerang situs internet. Di masa yang akan datang, kami melihat penjahat cyber mencuri data pribadi, termasuk informasi kartu kredit,”.

Bagi para pengguna untuk dapat melindungi perangkat dari serangan cyber adalah dengan terus meng-update perangkat lunak para pengguna dan menggunakan password yang kuat dan kompleks. Avast dalam waktu dekat ini juga akan mengeluarkan fitur baru untuk aplikasi Avast Wi-Fi Finder Android. Aplikasi ini nantinya akan memindai jaringan Wi-Fi untuk menemukan perangkat yang lemah terhadap serangan cyber dan memungkinkan pengguna pengguna memperbaiki permasalahan-permasalahan keamanan melalui instruksi langkah demi langkah.

Sumber

masterweb.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>