Baterai Lithium Ion yang Dilengkapi dengan Fitur Pemadam Api

Dari berbagai kejadian salah satunya adalah terbakarnya smartphone Galaxy Note 7 menjadi pertanda bahwarentannya sebuah baterai berbahan ion lithium. Kasus ini pernah juga dialami produk hoverboard, sehingga dengan kejadian ini para peneliti berusaha untuk mencari solusinya.

Para peneliti dari Universitas Stanford adalah salah satunya. Mereka menemukan solusi yang jitu untuk mengatasi permasalahan baterai yang terbakar. Solusi tersebut adalah menambahkan fitur berupa pemadam api pada baterai. Dengan adanya pemadam api tersebut, kemungkinan terjadinya kebakaran smartphone atau peralatan elektronik lain akibat baterai bisa dihindari.

Menurut laporan dari NewAtlas bahwa para peneliti dari Stanford menyematkan sebuah smartchip yang berfungsi untuk mendeteksi adanya bahaya kebakaran. Kalau smartchip tersebut kemudian mendeteksi adanya api pada baterai, selanjutnya akan memicu sistem pemadam api dalam batera tersebut. Bahan yang digunakan oleh para peneliti tersebut adalah TPP (Triphenyl Phosphate). Namun penggunaaan bahan ini hanya sebagai sarana untuk memadamkan api dan bisa mengurangi performa baterai. Untuk mengatasi efek samping tersebut, para peneliti membuat sebuah lapisan pelindung yang memisahkan antara baterai dengan TPP. Lapisan ini baru akan terlepas kalau pemicu pada smartchip telah dinyalakan. Dengan adanya sistem pemadam kebakaran seperti ini, sebuah baterai akan memiliki risiko terbakar jauh lebih kecil dibandingkan sebelumnya.

sumber

masterweb.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>