Google Bakal Akuisisi Sound Cloud ?

Setelah batal dipinang Spotify, SoundCloud dikabarkan telah memiliki peminat baru. Kali ini, giliran raksasa mesin pencari, Google, yang dilaporkan tertarik untuk membeli layanan streaming musik tersebut.

Menurut laporan dari Music Business Worldwide, Google disebut-sebut siap menggelontorkan dana hingga US$ 500 juta untuk membeli SoundCloud. Namun Google tak sendirian, ada sejumlah perusahaan lain yang juga dikabarkan tertarik dengan SoundCloud.

Pun demikian, belum diketahui seperti apa rencana Google jika benar-benar mengakuisisi SoundCloud. Dikutip dari Ubergizmo, Kamis (5/1/2017), ada kemungkinan perusahaan yang kini dipimpin Sundar Pichai itu hanya menginginkan paten atau teknologi dari SoundCloud, alih-alih layanannya sendiri.

Di samping itu, jika Google benar-benar membeli SoundCloud, setidaknya akan ada tiga label major yang mendapat keuntungan. Ketiga label tersebut adalah Universal Music, Sony Music Entertainmet, dan Warner Music Inc., yang memang memiliki saham di layanan tersebut.

Kabar mengenai rencana Spotify untuk membeli SoundCloud sebenarnya sudah terdengar sejak September 2016. Bahkan, kedua perusahaan tersebut sudah memasuki proses negosisasi.

Namun, rencana tersebut kandas di tengah jalan karena Spotify merasa pembelian itu dapat memberikan dampak negatif saat mereka terjun ke pasar saham. Kondisi SoundCloud sendiri memang disebut tengah kurang baik dalam beberapa bulan terakhir.

Layanan asal Swedia itu tak mengalami kenaikan nilai valuasi, sehingga beberapa investor khawatir dengan pertumbuhan perusahaan. Salah satu perusahaan yang juga berinvestasi di SoundCloud adalah Twitter.

Sumber

Masterweb.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>