Facebook Keluarkan Fitur Baru Untuk Tangkal Berita Palsu

Setelah kemenangan Donald Trump jejaring sosial dianggap sebagai salah satu sarana penyebaran berita palsu atau hoax. Salah satunya Facebook sebagai salah satu sosial media terbesar, Facebook menyiapkan strategi baru untuk menghapus konten berita palsu di platformnya.

Facebook dilaporkan meluncurkan fitur baru bernama Collections. Fungsi fitur ini mirip dengan kolom Discover yang ada di Snapchat. Beragam berita, video, dan konten lain dari rekanan media akan ditampilkan dalam satu kolom khusus.

Masih belum dapat dipastikan kapan peluncuran fitur ini. Facebook masih menolak berkomentar mengenai fitur ini, namun Facebook sudah mulai melakukan pendekatan ke beberapa perusahaan media untuk mengisi konten di Collection.

Diharapkan dengan adanya fitur baru di Facebook mengenai konten yang berasal dari media terpercaya dengan sumber lain, kritik terhadap Facebook tak semakin menguat. Menurut sejumlah pihak, ini adalah upaya Facebook untuk mengembalikan citra layanan.

Facebook juga mendapatkan kepercayaan lebih kuat dari sejumlah penerbit sekaligus bersaing dengan Snapchat. Fitur Discover berhasil menarik perhatian lebih dari 150 juta pengguna Snapchat tiap hari.

Ada kemungkinan fitur ini akan dijalankan sama seperti Instant Article atau pembagian pendapatan antara Facebook dengan perusahaan media yang bersangkutan. Tetapi belum dapat dipastikan model bisnis yang diusung media sosial ini melaluo fitur Collection.

Sebenarnya Facebook telah memiliki aplikasi dengan fitur serupa yang diberi nama Notify. Sayangnya aplikasi tersebut tak bertahan lama dan hanya selama tujuh bulan setelah diperkenalkan pada awal tahun ini.

Sumber

masterweb.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>