Teknologi Mainstream Baru Pemindai Iris

Baru-baru ini Samsung mengeluarkan seri terbarunya yaitu Samsung Galaxy Note 7. Dalam seri terbarunya ini samsung memperkenalkan teknologi yang ia punya yaitu pemindai iris yang bisa digunakan sebagai pengaman data di dalam ponsel serta sebagai mobile payment.

Namun Samsung bukanlah yang pertama yg mengusung ponsel menggunakan pemindai iris. ABI Research mengatakan perusahan korea selatan tersebut akan disusul vendor-vendor lainnya dalam waktu dekat.

Menurut ABI, pada tahun 2021 akan ada lebih dari 300 juta ponsel pintar yang akan menggunakan iris scanner. Hal tersebut dirasa wajar karena pengguna akan lebih mudah membuka ponsel tanpa harus menyentuh perangkat ponsel sama sekali.

Senior ABI Research, Marina Lu mengatakan bahwa iris scanne akan membawa implementasi mobile payment berjalan mulus. “Kami menemukan bahwa pengguna masih khawatir untuk menggunakan mobile payment karena masalah keamanan, tetapi dengan bantuan iris scanner adopsi mobile payment akan tumbuh,” ujarnya.

Fujitsu Arrows NX F-04G merupakan ponsel pertama yang membawa iris scanner. Ponsel ini resmi diumumkan pada Maret 2015. Kemudian Fujitsu diikuti Microsoft Lumia 950 dan 950 XL serta Nubia Prague S.

Disusul Apple yanf akan memberikan fitur tersebut pada seri iPhonenya yang baru tahun depan sebagai perayaan 10 tahun kelahiran iPhone. Abi menambahkan bahwa iris scanner akan menjadi lebih populer dibandingkan dengan fingerprint.

Walaupun awalnya iris scanner hanya hadir di ponsel-ponsel high end, namun saat ini ponsel low cost sudah muali menggunakan iris scanner. “Saat ini, iris scanner hanya melengkapi scanner fingerprint yang sudah matang. Namun kami meramalkan, pemindaian iris akan semakin populer karena tingginya stablititas dan semakin kecilnya kerentanan terhadap kerusakan eksternal,” ujar Lu.

“Meski pemindaian iris hanya hadir di ponsel kelas tinggi sekarang, kami memprediksi nantinya akan hadir ke perangkat yang tidak terlalu mahal di masa depan,” tuturnya.

Sumber

masterweb.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>