Ingin Mainkan Pokemon Go di Android atau iPhone Sekarang Juga? Begini Caranya!

index

Selama libur lebaran kemarin mungkin beberapa dari kita sudah menemukan update di timeline sosial media kamu tentang game Pokemon Go, game interaktif salah satu serial franchise anime terbesar di Jepang dari Nintendo dan Niantic ini baru saja dirilis pada 6 Juli lalu di wilayah Australia dan Selandia Baru, disusul di Amerika keesokan harinya. dirilis di dua platform yang biasa digunakan untuk smartphone yakni iOS dan Android secara gratis. Di Indonesia? Kita masih harus bersabar menunggu.

Lalu bagaimana teman kamu yang juga sama-sama tinggal di Indonesia sudah memainkannya dan rutin berburu di berbagai lokasi? Hal tersebut dimungkinkan lantaran:

1) jika teman Kamu adalah pengguna iPhone, besar kemungkinan mereka memiliki akun App Store untuk lokasi kawasan Amerika Serikat, Australia dan Selandia Baru.

2) jika teman Kamu adalah pengguna Android, maka mereka telah mengunduh file APK dan menginstallnya secara manual, bukan lewat Google Play Store.

Jika setelah mengetahui hal ini dan Kamu tetap ingin ikut segera memainkannya, dan kesulitan untuk menyalin file APK dari teman kamu karena masih mudik di luar kota, Kamu bisa langsung mengunduhnya dari sumber terpercaya yaitu lewat APK Mirror dengan cara klik tautan ini. File APK untuk game ini cuma sebesar 58MB, dan ponsel Kamu setidaknya harus sudah menggunakan Android 4.4 KitKat (API 19) untuk bisa memainkannya. Jika ponsel Kamu sudah menggunakan Android Marshmallow, maka API yang dipakai bakal lebih canggih lagi, yaitu API 23.

Setelah mengunduhnya, maka langkah berikutnya adalah membuka pengaman di ponsel untuk memungkinkannya menginstall aplikasi dari luar Google Play Store.

Caranya, buka aplikasi Settings >> Security >> scroll ke bawah sampai Kamu menemukan tulisan ‘unknown sources,’ lalu tap opsi tersebut untuk mengaktifkannya. Setelah aktif, langsung buka file explorer atau klik tautan di kolom notifikasi untuk mengakses file APK yang sudah diunduh tadi, lalu pilih ‘Install.’ Selesai.

Untuk pengguna iPhone, cara menginstall game ini bakal sedikit berbeda. Pertama-tama, log out dari Apple ID Anda untuk keluar dari App Store Indonesia. Caranya, buka aplikasi Settings >> pilih Apple ID>> lalu sign out. Kini kembali ke Settings >> General >> Language & General >> pilih US, New Zealand atau Australia. Keluar dari Settings, buka App Store, lakukan pencarian untuk Pokemon Go dan aplikasi ini akan segera keluar.

Jika aplikasi masih belum keluar, maka langsung saja pilih sebuah aplikasi gratis secara acak untuk membuat Apple ID baru. Ketika menempuh cara ini, pastikan Kamu memilih ‘None’ di Billing menu, dan pilih alamat tempat tinggal di US, New Zealand dan Australia. Sekedar saran, untuk menciptakan alamat palsu, Kamu bisa memanfaatkan layanan Google Maps untuk mendapatkan alamat yang otentik.

Kini Kamu sudah bisa memainkan Pokemon Go di iPhone atau iPad, jadi langsung saja berburu Pokemon di sekitar tempat tinggal Anda. Perlu dicatat bahwa ketika Pokemon Go sudah resmi rilis di Indonesia, Kamu bisa beralih menggunakan versi ini, tentunya dengan mengulang proses di atas untuk beralih ke App Store Indonesia dan menggunakan Apple ID semula. Kamu juga harus menginstall ulang Pokemon Go, namun tak perlu khawatir karena seluruh Pokemon yang sudah Kamu kumpulkan tersimpan di cloud, jadi Kamu bisa langsung meneruskannya dari simpanan terakhir.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>