Cara Mencegah Mata Rusak Saat Berada di Depan Komputer

eyestrain

Kamu sering bermasalah pada mata saat berlama-lama di depan layar monitor ?

Admin pernah mengalaminya Lho #MWNers!

Sebagai pekerja kantoran pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya layar monitor. Nah karena seringnya menatap layar monitor setiap harinya, pastinya kamu akan mengalami 3 masalah utama ini yaitu ketegangan mata, sakit punggung, dan siklus tidur yang terganggu. Untuk menghindari 3 masalah tersebut kamu harus sangat menjaga kesehatan.

Ada beberapa tips yang bisa kamu praktekkan untuk menjaga kesehatan mata, pikiran dan tulang punggung, yang sudah admin rangkum tipsnya dari Technastic yaitu berupa tips menjaga kesehatan mata di depan komputer, tips kerja di depan komputer dan posisi duduk yang benar di depan komputer.

Berikut 7 Tips Menjaga Kesehatan Mata Di depan Komputer

1. Bedanya Menggunakan Komputer Siang dan Malam Hari

Kadang pernah mengalami menumpuknya pekerjaan kantor yang membuat kita kerjakan lagi di rumah? Admin pernah Lho mengalaminya #MWNers! Saat itu memang sedang menumpuknya pekerjaan kantor. Karena memang jam kantor pun sudah habis, akhirnya pekerjaan kantor admin bawa ke rumah untuk kemudian di selesaikan lagi. Efek dari menggunakan komputer di siang hari dan malam hari berbeda #MWNers. Kalau di siang hari, tidak terlalu berpengaruh terhadap kesehatan mata kita karena pastinya dengan pencahayaan yang cukup, namun berbeda kalau menggunakan komputer di malam hari, ini sangat dapat berpotensi merusak mata kita. Yaitu ketika kita menggunakan komputer di malam hari di ruangan gelap. Nah untuk menghindari mata rusak, sebaiknya nyalakan lampu. Cahaya yang minim, akan membuat mata kamu cepat lelah dan bisa mengakibatkan kualitas tidur yang tidak bagus.

2. Atur Kecerahan Monitor

Berbeda dengan cahaya lampu, ternyata layar monitor yang kita gunakan pun bisa menjadi tersangka paling utama Lho #MWNers! Kenapa bisa begitu? Karena apabila kamu gunakan di malam hari, dengan kecerahan layar monitor terlalu terang berpotensi mengancam kesehatan mata dan susah tidur. Untuk kondisi seperti ini, cara yang ampuh untuk menghindari hal tersebut adalah kurangi pencahayaan monitor.

3. Posisi Duduk yang Benar di Depan Komputer

Posisi duduk saat bekerja juga menjadi kualitas penting Lho #MWNers! Sebagai seorang pekerja kantoran pastinya sudah tidak asing lagi duduk berjam-jam bahkan sampai seharian. Pastinya kamu akan mengalami yang namanya sakit punggung, kalau posisi duduk kami itu tidak dalam kondisi yang benar. Hal menakutkan yang lainnya adalah bisa-bisa kalau di diamkan terlalu lama untuk kondisi ini, tulang punggung kamu bisa menjadi bengkok Lho! Wah serem juga ya. Tapi tenang admin kasih beberapa tips nih yang sudah di rangkum dari berbagai sumber soal posisi duduk yang benar saat berada di depan komputer :

  • Selalu duduk tegak dengan posisi punggung lurus serta bahu ke belakang, paha menempel pada dudukan kursi dan pantat harus menyentuh bagian belakang kursi.
  • Pusatkan beban tubuh pada satu titik agar mendapatkan keseimbangan, usahakan untuk tidak membungkuk.
  • Posisi lutut juga harus diperhatikan, tekuk lutut kamu hingga sejajar dengan pinggul, dan usahakan tidak menyilangkan kaki alias lurus saja ke bawah.
  • Posisikan tangan kamu senyaman mungkin di keyboard.
  • Gunakan kursi yang memiliki sandaran tangan supaya beban pada bahu dan leher berkurang.
  • Jangan memutar punggung, putarlah keseluruhan tubuh sebagai sebagai satu kesatuan. Memutar sebagian terkadang juga bisa bikin cedera atau terkilir.

4. Istirahat Secara Berkala

Penggunaan komputer secara terus menerus dengan seringnya menatap layar monitor, bisa mengakibatkan yang namanya Computer Vision Syndrome yaitu sekumpulan gejala-gejala gangguan kesehatan pada penglihatan yang diakibatkan oleh penggunaan komputer (termasuk tablet dan smartphone) yang cukup lama bisa lebih dari 3 jam dan secara terus-menerus.

Nah Langkah untuk menghindari hal tersebut adalah harus cukup istirahat #MWNers. Istirahatlah secara rutin dengan sistem 20-20-20. Maksud dari sistem ini adalah setiap 20 menit, palingkan mata kamu dari komputer, cari benda di sekitar kamu yang jauhnya sekitar 20 kaki (6 meter) dan tataplah selama 20 detik. Jangan lupa untuk istirahat setiap 30-45 menit dengan cara berdiri dan melakukan peregangan sesaat agar tubuh kembali segar.

5. Minum Air Putih

Air putih merupakan solusi yang tepat agar kesehatan terjaga. Karena terlalu banyak lama duduk bisa membuat faktor terbentuknya batu ginjal. Silahkan konsumsi air putih setiap 2 liter sehari atau sekitar 8 gelas sehari.

6. Install Software Tambahan

Selain ke lima cara di atas, ada cara lain yang bisa kamu gunakan #MWNers, yaitu dengan menginstall salah satu aplikasi yang bisa di gunakan untuk mengatur pencahayaan layar monitor kamu. Langkap ini di ambil apabila kamu sering menggunakan komputer di malam hari. Contoh software nya adalah F.Lux yang membuat warna layar komputer beradaptasi dengan waktu, hangat saat di malam hari dan seperti sinar matahari di siang hari.

7. Gunakan Kacamata Khusus Komputer

Tips lain yang bisa kamu gunakan untuk menjaga kesehatan mata adalah kacamata anti radiasi. Kamu bisa memesan melalui toko online terdekat dan harganya tidak begitu mahal kok #MWNers.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan mata di depan komputer, tips kerja di depan komputer, dan posisi duduk yang benar di depan komputer. Semoga bermanfaat ya #MWNers!

Sumber

masterweb.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>