10 Tips yang Harus Anda Tahu di Aplikasi Whatsapp

Whatsapp (WA) dikenal sebagai salah satu aplikasi pesan instan populer yang digunakan banyak orang hingga saat ini. Namun, di balik popularitasnya, aplikasi yang telah diakuisisi Facebook tersebut masih memiliki kelemahan. Salah satu yang menjadi topik hangat saat ini adalah pesan emoji bisa membuat aplikasi menjadi Crash.

Kelemahan ini sebetulnya dilakukan secara sengaja, Seorang peneliti ternama, Indrajeet Bhuyan menyebut jika WA di ponsel dapat terganggu jika seseorang mengirimkan setidaknya 5 ribu emoji kepada orang lain. Menurutnya cara seperti ini bisa dimanfaatkan pengguna untuk berbuat iseng dengan rekannya, terutama melalui aplikasi mobile.

Namun, Anda tak perlu khawatir karena hal ini dapat diatasi. Jika Anda mengalaminya, segera nonaktifkan aplikasi WA. Setelah itu, hapus riwayat pesan kemudian buka kembali percakapan.

Berikut 10 tips dan trick yang mungkin belum Anda ketahui ada di Whatsapp ;

1. Pindahkan Chat History ke Ponsel Lain

Saat pengguna mengganti ponsel Android atau iPhone yang baru, Anda dapat memindahkan chat history dengan beberapa pengaturan. Pertama, Anda perlu menyiapkan kartu microSD, lalu masuk ke Menu, Settings, Chat Settings dan Backup Conversation.

Setelah itu, pindahkan kartu ke smartphone yang baru, install WhatsApp dan pilih Restore. Pengguna bisa mengambil file backup melalui folder /sdcard/WhatsApp/ dan chat historyakan dapat ditampilkan kembali di handset baru.

2. Sembunyikan Tampilan ‘Last Seen’

Fitur last seen tertampil di bagian atas pada layar aplikasi WhatsApp. Bila pengguna ingin mematikan fitur tersebut, pengguna bisa masuk ke Settings, Account kemudian pilih Privacy. Mematikan fitur ini juga membuat pengguna tidak bisa melihat last seen pada WhatsApp teman.

3. Mengetahui Kapan Pesan WhatsApp Telah Dibaca

Pengguna bisa mengetahui bila pesan telah terbaca atau belum dengan ceklis berwarna biru. Pengguna yang ingin melihat informasi lebih detail terkait jam dan tanggal berapa pesan itu terkirim (delivered) atau terbaca (read) bisa menekan atau tap yang lama pada kolom teks pesan, lalu klik tanda (i). Pengguna akan mengetahui informasi dengan rinci kapan pesan tersebut terbaca.

4. Cara Mengunci WhatsApp

Untuk dapat mengunci aplikasi WhatsApp, pengguna iOS harus melakukan jailbreaking terlebih dahulu. Akan tetapi, untuk platform Android, pengguna disediakan aplikasi keamanan yang memungkinkan pengguna mengaktifkan password atau proteksi PIN pada WhatsApp. Pengguna bisa menjajal aplikasi seperti ‘Messenger and Chat Block’, ‘AppLock’, atau ‘Smart AppLock’ untuk mengunci WhatsApp.

5. Sambungkan WhatsApp ke PC

Untuk dapat melakukan obrolan atau chatting WhatsApp melalui PC, pengguna bisa mengakses fitur WhatsApp Web. Instruksinya cukup sederhana, pengguna hanya perlu membuka web.whatsapp.com di browser PC. Lalu, pada handset, masuk opsi pada WhatsApp menuju fitur WhatsApp Web, kemudian pengguna bisa melakukan scan kode QR pada layar PC dan setelah berhasil, pengguna sudah dapat menggunakan fitur tersebut.

6.Hentikan File Gambar yang Muncul di Camera Roll

Untuk menghentikan gambar dari aplikasi WhatsApp yang muncul di album foto Camera Roll, pengguna bisa melakukan pengaturan sederhana. Untuk platform iOS, pengguna bisa masuk ke Settings, Privacy, Photos dan pilih toggle WhatsApp off.

Pada Android, pengguna bisa menggunakan aplikasi file manager seperti ES File Explorer. Kemudian, pilih sdcard/WhatsApp/Media dan klik atau tap New di folder yang Anda tidak ingin berbagi (share). Lalu, ciptakan file dengan nama .nomedia. Dengan demikian, gambar tidak akan muncul lagi di galeri foto.

7. Cara Aktifkan Fitur Mute pada Percakapan Grup

Terkadang pengguna bisa saja terganggu karena obrolan atau percakapan grup yang memunculkan notifikasi tanpa henti. Untuk mengaktifkan fitur mute, pengguna iPhone bisa membuka group chat, lalu cari Group Info kemudian tekan Mute. Untuk platform Android, pengguna bisa membuka chat, klik Menu, lalu tekan Mute.

Pengguna juga bisa mengatur untuk periode waktu Mute yang lebih spesifik. Pilihannya Mute bisa untuk delapan jam, satu pekan atau satu tahun.

8. Cara Memulihkan Pesan yang Terhapus

WhatsApp melakukan backup pesan pada perangkat Anda setiap pukul 04.00. Cara termudah untuk memulihkan pesan yang baru terhapus ialah melakukan uninstall aplikasi WhatsApp dan meng-install-nya kembali.

Selama proses tersebut, pengguna bisa memilih untuk memulihkan (restore) dengan cara backup. Ini akan memulihkan pesan selama tujuh hari terakhir. Bila Anda ingin memulihkan pesan lama di Android, gunakan aplikasi seperti ES File Explorer dan akses sdcard/WhatsApp/Databases.

Kemudian, ubah nama (rename) dari file yang diinginkan dengan nama msgstore.db.crypt. Setelah itu, pengguna bisa menuju Settings, Apps, WhatsApp dan Clear Data. Saat aplikasi WhatsApp dijalankan, akan muncul opsi restore.

9. Menciptakan Shortcut untuk Pesan

Pengguna bisa dengan mudah mengakses chatting dengan pengguna WhatsApp lainnya melalui fitur shortcut. Fitur ini hanya bekerja untuk platform Android. Pengguna hanya perlu memilih dan menekan salah satu pengguna untuk masuk ke opsi View Contact hingga Email Chat. Ada opsi Add chat shortcut yang akan mempercepat pengguna untuk masuk ke obrolan WhatsApp, karena icon telah muncul di tampilan home screen.

10. Cara Sebar Pesan Secara Broadcast

WhatsApp juga memiliki fitur broadcast seperti pada aplikasi BlackBerry Messenger. Fitur pesan broadcast ini memungkinkan pengguna untuk mengirimkan pesan yang sama kepada beberapa pengguna yang muncul dalam kontak WhatsApp. Untuk OS Android, pengguna bisa masuk ke Menu, lalu pilih New broadcast. Sementara pada iOS, pengguna bisa masuk ke Broadcast Lists pada layar Chats, kemudian klik New List.

Sumber : dari berbagai sumber

masterweb.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>