Force Touche Segera Hadir di Smartphone Android

forcetouch

Belum lama ini Apple memperkenalkan cara baru pengguna untuk berinteraksi dengan smartphone yakni melalui Force Touch. Namun, seperti dilaporkan Phone Arena, Senin (11/01/2016), Huawei sebenarnya telah memperkenalkan Force Touch sepekan sebelum Apple meluncurkan iPhone 6s dengan teknologi sentuhan 3D tersebut. Namun vendor China ini belum meluncurkan smartphonennya ke pasaran hingga Januari. Huawei Mate S yang menggunakan sistem operasi Android telah diumumkan akan membawa varian yang mengusung teknologi sama.

Merunut dari hal tersebut, para analis memprediksi bahwa Force Touch, beserta sensorfingerprint, akan menjadi fitur yang dikejar-kejar para produsen smartphone di 2016. Saking populernya, 25 persen smartphone di tahun ini diramalkan akan mengusung fitur tersebut.

Apa sebenarnya teknologi Force Tourch ini?

Dikutip dari situs Pocket lint, teknologi Force Touch pada dasarnya adalah teknologi navigasi layar sentuh seperti biasanya. Hanya saja yang membedakan adalah metode input teknologi ini dan cara kerjanya. Dengan menggunakan teknologi Force Tourch, sebuah perangkat bisa membedakan mana sebuah ketukan dan mana sebuah tekanan pada layar.

Gambaran mudahnya teknologi ini adalah penekanan kuat pada layar. Misalnya, pengguna menekan layar Apple Watch dengan kuat, maka layar akan menampilkan kendali lain yang bisa dilakukan.  Pengguna bisa memilih pesan, musik, ataupun kalender. Dengan teknologi ini, pengguna bisa melakukan tugas secara multitasking dengan lebih baik.

Analis bahkan menyebut bahwa teknologinya akan segera hadir dalam kualitas QHD meski tak semua pengguna yakin dengan fungsi signifikannya. Namun tak sedikit pula pengguna yang ingin memiliki handset dengan pengalaman yang berbeda, terutama jika fitur itu masih sangat baru.

Dengan kata lain, para analis menyimpulkan bahwa smartphone dengan Force Touch akan datang hanya dalam hitungan bulan dari sekarang.

source : dari berbagai sumber

masterweb.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>