Internet 5G Capai Kecepatan 3,6 Gbps

Real-world-5G-field-test-produces-data-speed-of-3.6Gbps

Secepat-cepatnya 4G LTE tetap lebih cepat 5G. Divisi jaringan Huawei bekerja sama dengan perusahaan Jepang NTT DoCoMo, melakukan uji lapangan layanan nirkabel 5G di Jepang. Menggunakan frekuensi 6GHz, mereka berhasil mencapai kecepatan data 3,6 GBps. Yang membuat uji coba ini penting adalah pita (band) yang digunakan mampu untuk di dunia nyata. Tes 5G lain pernah dilakukan oleh Nokia dan Samsung, namun menggunakan pita yang membutuhkan infrastruktur baru.

Huawei-NTT DoCoMo berhasil melakukan tes di lapangan terbuka, diluar lingkungan laboratorium. Industri nirkabel berharap dapat menjalankan 5G pada 2020, meski Verizon sudah buka-bukaan mengumumkan pada akhir bulan lalu bahwa akan dikomersilkan pada 2017.

Menurut International Telecommunication Union (ITU), kecepatan 5G mesti menembus 20GBps. Sebagai perbandingan, kecepatan jaringan 4G LTE Verizon pada Motorola Droid Turbo hanya dapat mengunduh data dengan kecepatan 33MBps. Film yang membutuhkan waktu beberapa menit untuk diunduh, dengan jaringan 5G dapat secepat kedipan mata.

Verizon juga mengatakan pada bulan lalu, akan uji lapangan jaringan 5G pada tahun depan, dan memulai kerjasama dengan Alcatel-Lucent, Cisco, Ericsson, Nokia, Qualcomm, dan Samsung.

Source: phonearena

One Response to Internet 5G Capai Kecepatan 3,6 Gbps

  1. Yudi says:

    Gak kebayang, upgrade OS di masa depan hanya sekejap klik di mouse…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>